//

veryti

148084C9DEA1AE1725A16C3AB62FB747

Jumat, 02 Juli 2010

Makanan Berserat

Para ahli gizi dan kesehatan menyakini bahwa makanan tinggi serat sangat berguna bagi tubuh karena makanan berserat tinggi mampu menyehatkan organ pencernaan, mencegah kanker dan mengatasi sembelit.

Apa sebenarnya fungsi serat bagi tubuh ?



* Serat menarik air dari sekitar pembuluh darah sehingga faeses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan.
* Serat menahan penyerapan zat gula sehingga baik untuk mengurangi obesitas dan kesehatan diabetesi.
* Serat tidak dapat diproses oleh enzim pencernaan sehingga orang yang banyak mengkonsumsi makanan berserat volume faesesnya lebih banyak. Hal ini membuat usus melakukan gerakan peristaltik yang baik bagi organ pencernaan dan mendorong faeses cepat keluar sehingga radikal bebas tidak memilki banyak waktu untuk mengganggu sel-sel tubuh dan menyebabkan kanker.
* Didalam organ pencernaan serat mengurangi jumlah bakteri jahat dan memperbanyak jumlah bakteri baik. Jika jumlah bakteri jahat dalam usus berkurang, pertumbuhan zat beracun dapat ditekan sehingga dapat mengurangi resiko kanker usus besar.
* Bila faeses terlalu lama tertimbun di dalam usus hal ini dapat menyebabkan bakteri jahat berkebang biak dan melukai dinding usus.
* Zat beracun akan tersebat ke seluruh tubuh melalui peredaran darah dan menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. Sembelit dalam tahap kronis dapat menimbulkan insomia, pegal-pegal pada bahu, sakit kepala, alergi dan lain sebaginya.
* Serat berfungsi untuk menyerap kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah akan turun.

0 komentar:

Posting Komentar

apa tanggapanmu tentang topik ini?
mari suarakan suaraMu!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More